Floating

Share

Get This

Minggu, 08 April 2012

rangkuman JARKOM (sabtu 8 april 2012)


 
Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas dari mata kuliah JARINGAN KOMPUTER
Menjelaskan ulang apa yang sudah  dosen jelaskan pada hari tersebut, tapi dengan bahasa dan pemahan sendiri

Definisi dari jaringan komputer adalah
Kumpulan komputer dan perangkat seperti : printer, ploter, scanner, modem dll) yang terhubung satu dengan lainnya melalui media komunikasi baik kabel atau tanpa kabel sehingga dapat berkomunikasi.

Maanfaat untuk perusahaan
҉  Berbagi pakai (Resource sharing).
semua program, peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tersebut  tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
҉  Keandalan tinggi.
Bila salah satu komputer tidak dapat dipakai (eror) maka komputer lainnya dapat menggantikannya.
҉ Menghemat biaya.
Komputer berukuran kecil mempunyai rasio  harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer yang besar.
҉  Skalabilitas.
Kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur  sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambah beberapa komputer.
҉ Medium komunikasi.
Sebuah jaringan komputer mampu bertindak sebagai medium komunikasi yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh. Dengan menggunakan jaringan, dua orang atau lebih yang tinggal berjauhan akan lebih mudah untuk bekerjasama menyusun laporan.


Manfaat untuk umum
҉ Akses informasi jarak jauh.
1.       Layanan umum pemerintah untuk mendapatkan informasi tentang cara membayar pajak, mendapatkan izin perdagangan dan berbagai informasi lainnya.
2.       Institusi keuangan yaitu dengan membayar tagihan, mengelola rekening, menentukan portofolio secara elektronik.
3.       Surat kabar online yg bersifat pribadi yang memungkinkan seseorang memesan berita tertentu yang diperlukan.
4.       Perpustakaan digital online yg memungkinkan seseorang mencari buku-buku tertentu yg dibutuhkan. Contoh : wikipedia
5.       World Wide Web (WWW) yg berisi informasi tentang seni, bisnis,hiburan, media informasi dan social network untuk tetap berkomunikasi di duia maya

          Interaksi orang ke orang.
1.       Email yaitu pos elektronik yg telah dipakai oleh jutaan orang. Tidak lama lagi akan muncul email yang berisi pesan-pesan audio dan video seperti halnya pesan-pesan tekstual. Contoh website yang meyediakan layanan email adalah : yahoo dan google
2.       Real time email (chating) yaitu teknologi yg memungkinkan pengguna berjauhan dapat berkomunikasi tanpa tertunda. Tidak lama lagi akan muncul chating yang dapat saling bicara, mendengar dan melihat.
3.       Video confrencing yaitu teknologi yg memungkinkan pertemuan bersama sejumlah orang yang tinggal berjauhan sehingga bisa saling bicara, mendengar dan melihat. Contoh : video call
4.       News group yaitu teknologi yg memungkinkan sekelompok orang bertukar pikiran membahas topik tertentu secara tertulis. Topik yang dibahas mulai dari hal-hal yang bersifat humor hingga serius. Contoh : forum diskusi seperti kaskus .dll


҉ Hiburan interaktif.
Yaitu teknologi yg memungkinkan pengguna memilih sendiri film atau acara yang diinginkan (video on demand) dari negara manapun. Film-film menjadi interaktif. Penonton dapat mengarahkan jalan cerita sesuai skenario alternatif yang ditawarkan. Industri ini merupakan industri besar yg terus berkembang dan bisa menjadi pesaing industri-industri sejenis yang menggunakan cara-cara lama.
҉ Pertanyaan.
Selain manfaat-manfaat  yang telah dijelaskan diatas, masalah-masalah apa saja yg timbul dengan majunya teknologi jaringan komputer? (Buatlah jawaban anda dalam bentuk slide).
Teknologi tranmisi jaringan
Teknologi transmisi jaringan dapat dibedakan menjadi :
҉ Jaringan Broadcast.
        Jaringan yang memiliki saluran komunikasi tunggal yg dipakai bersama-sama oleh semua komputer yg ada pada jaringan. Data yg dikirim dalam jaringan ini berbentuk paket data yg terdiri dari field alamat dan field data. Field alamat berisi keterangan kepada siapa paket tersebut dikirim.
҉Jaringan Point to Point.
        Jaringan yg terdiri dari hubungan pasangan individu beberapa komputer. Untuk pergi dari sumber ke tujuan, suatu paket data harus melalui satu atau lebih komputer-komputer perantara. Seringkali harus melalui banyak rute yg mungkin berbeda jaraknya. Karena itu algoritma routing memegang peranan penting pada jaringan point to point.


Klasifikasi jaringan
Berdasarkan luas cakupan kerjanya maka jaringan komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
 
Jarak Antar Prosesor
Lokasi Prosesor
Contoh
0,1 m
Papan rangkaian
Data flow Machine
1 m
Sistem
Multicomputer
10 m
Ruangan
LAN
100 m
Gedung
LAN
1 km
Kampus
LAN
10 km
Kota
MAN
100 km
Negara
WAN
1000 km
Benua
WAN
10.000 km
Ruang angkasa
WAN











Model referensi OSI
7 OSI Layer beserta fungsinya
Fungsi dari ke tujuh OSI layer bisa anda lihat di artikel sebelum ini

Model OSI terdiri dari 7 Layer
· Application
· Presentation
· Session
· Transport
· Network
· Datalink
· Physical

Tujuan model OSI
         Mengurangi kompleksitas sistem.
         Membuat standardisasi komponen jaringan
         Memfasilitasi rekayasa modular.
         Membuat teknologi yg interoperabel.
         Mempercepat proses evolusi teknologi jaringan.
         Memudahkan untuk dipelajari.

sekian dan terimakasih telah mampir di blog newbie ini :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan berikan komentar anda...