Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas dari mata kuliah JARINGAN KOMPUTER
Menjelaskan
ulang apa yang sudah dosen jelaskan pada
hari tersebut, tapi dengan bahasa dan pemahan sendiri
Definisi
dari jaringan komputer adalah
Kumpulan komputer dan perangkat seperti : printer, ploter, scanner, modem dll) yang terhubung satu dengan
lainnya melalui media komunikasi baik kabel atau tanpa kabel sehingga dapat
berkomunikasi.
Maanfaat
untuk perusahaan
҉ Berbagi
pakai (Resource sharing).
semua program, peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang
yang ada pada jaringan tersebut tanpa
terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
҉ Keandalan tinggi.
Bila salah satu
komputer tidak dapat dipakai (eror) maka komputer lainnya dapat menggantikannya.
҉ Menghemat biaya.
Komputer berukuran
kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang
lebih baik dibanding dengan komputer yang besar.
҉ Skalabilitas.
Kemampuan untuk
meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai
dengan beban pekerjaan dengan hanya menambah beberapa komputer.
҉ Medium komunikasi.
Sebuah jaringan
komputer mampu bertindak sebagai medium komunikasi yang baik bagi para pegawai
yang terpisah jauh. Dengan menggunakan jaringan, dua orang atau lebih yang
tinggal berjauhan akan lebih mudah untuk bekerjasama menyusun laporan.
Manfaat
untuk umum
҉ Akses informasi jarak jauh.
1. Layanan umum pemerintah untuk mendapatkan informasi tentang cara
membayar pajak, mendapatkan izin perdagangan dan berbagai
informasi lainnya.
2. Institusi keuangan yaitu dengan membayar tagihan, mengelola
rekening, menentukan portofolio secara elektronik.
3. Surat kabar online yg bersifat pribadi yang memungkinkan
seseorang memesan berita tertentu yang diperlukan.
4. Perpustakaan digital online yg memungkinkan seseorang mencari buku-buku
tertentu yg dibutuhkan. Contoh : wikipedia
5. World Wide Web (WWW) yg berisi informasi tentang seni, bisnis,hiburan, media informasi dan social network untuk tetap berkomunikasi di duia
maya
•
Interaksi
orang ke orang.
1. Email yaitu pos elektronik yg telah dipakai oleh jutaan orang. Tidak lama lagi
akan muncul email yang berisi pesan-pesan audio dan video seperti halnya
pesan-pesan tekstual. Contoh website yang meyediakan
layanan email adalah : yahoo dan google
2. Real time email (chating) yaitu teknologi yg memungkinkan pengguna
berjauhan dapat berkomunikasi tanpa tertunda. Tidak lama lagi akan muncul
chating yang dapat saling bicara, mendengar dan melihat.
3. Video confrencing yaitu teknologi yg memungkinkan pertemuan
bersama sejumlah orang yang tinggal berjauhan sehingga bisa saling bicara,
mendengar dan melihat. Contoh : video call
4. News group yaitu teknologi yg memungkinkan sekelompok orang bertukar pikiran
membahas topik tertentu secara tertulis. Topik yang dibahas mulai dari hal-hal
yang bersifat humor hingga serius. Contoh : forum diskusi
seperti kaskus .dll
҉ Hiburan interaktif.
Yaitu teknologi yg
memungkinkan pengguna memilih sendiri film atau acara yang diinginkan (video on
demand) dari negara manapun. Film-film menjadi interaktif. Penonton dapat
mengarahkan jalan cerita sesuai skenario alternatif yang ditawarkan. Industri
ini merupakan industri besar yg terus berkembang dan bisa menjadi pesaing
industri-industri sejenis yang menggunakan cara-cara lama.
҉ Pertanyaan.
Selain manfaat-manfaat yang telah dijelaskan diatas, masalah-masalah
apa saja yg timbul dengan majunya teknologi jaringan komputer? (Buatlah jawaban
anda dalam bentuk slide).
Teknologi tranmisi jaringan
Teknologi transmisi
jaringan dapat dibedakan menjadi :
҉ Jaringan Broadcast.
–
Jaringan
yang memiliki saluran komunikasi tunggal yg dipakai bersama-sama oleh semua
komputer yg ada pada jaringan. Data yg dikirim dalam jaringan ini berbentuk
paket data yg terdiri dari field alamat dan field data. Field alamat berisi keterangan
kepada siapa paket tersebut dikirim.
҉Jaringan Point to
Point.
–
Jaringan
yg terdiri dari hubungan pasangan individu beberapa komputer. Untuk pergi dari
sumber ke tujuan, suatu paket data harus melalui satu atau lebih
komputer-komputer perantara. Seringkali harus melalui banyak rute yg mungkin
berbeda jaraknya. Karena itu algoritma routing memegang peranan penting pada
jaringan point to point.
Klasifikasi jaringan
Berdasarkan luas
cakupan kerjanya maka jaringan komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
Jarak Antar Prosesor
|
Lokasi Prosesor
|
Contoh
|
0,1 m
|
Papan rangkaian
|
Data flow Machine
|
1 m
|
Sistem
|
Multicomputer
|
10 m
|
Ruangan
|
LAN
|
100 m
|
Gedung
|
LAN
|
1 km
|
Kampus
|
LAN
|
10 km
|
Kota
|
MAN
|
100 km
|
Negara
|
WAN
|
1000 km
|
Benua
|
WAN
|
10.000 km
|
Ruang angkasa
|
WAN
|
Model referensi OSI
7 OSI Layer beserta fungsinya
Fungsi dari ke tujuh OSI layer
bisa anda lihat di artikel sebelum ini
Model OSI terdiri dari 7 Layer
· Application
· Presentation
· Session
· Transport
· Network
· Datalink
· Physical
Tujuan
model OSI
•
Mengurangi kompleksitas sistem.
•
Membuat standardisasi komponen jaringan
•
Memfasilitasi rekayasa modular.
•
Membuat teknologi yg interoperabel.
•
Mempercepat proses evolusi teknologi jaringan.
•
Memudahkan untuk dipelajari.
sekian dan terimakasih telah mampir di blog newbie ini :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan berikan komentar anda...